TUGAS IV
EKONOMI KOPERASI
I.
Evaluasi Keberhasilan
Koperasi Dilihat dari Sisi Perusahaan
a. Efisiensi
Perusahaan Koperasi
Efisiensi dalam ilmu ekonomi digunakan
untuk merujuk pada sejumlah konsep yang terkait pada kegunaan pemaksimalan
serta pemanfaatan seluruh sumber daya dalam
proses produksi barang dan jasa.
Sebuah sistem ekonomi dapat disebut
efisien bila memenuhi kriteria berikut:
·
Tidak ada yang bisa dibuat menjadi lebih makmur tanpa adanya
pengorbanan.
·
Tidak ada keluaran yang dapat diperoleh tanpa adanya
peningkatkan jumlah masukan.
·
Tidak ada produksi bila tanpa adanya biaya yang rendah dalam
satuan unit.
Definisi tersebut tidak akan selalu
sama akan tetapi pada umumnya akan mencakup semua ide yang hanya dapat dicapai
dengan sumber daya yang tersedia.
Koperasi sendiri merupakan badan usaha
yang di landasi oleh fikiran sebagai usaha kumpulan orang-orang bukan kumpulan
modal. Oleh karena itu koperasi tidak boleh terlepas dari ukuran efisiensi bagi
usahanya, meskipun tujuan utamanya melayani anggota.
Di hubungkan dengan waktu terjadinya
transaksi/diperolehnya manfaat ekonomi oleh anggota dapat di bagi menjadi dua
jenis manfaat ekonomi yaitu :
1.
Manfaat Ekonomi Langsung
Manfaat
Ekonomi Langsung yaitu manfaat ekonomi
yang diterima oleh anggota langsung di peroleh pada saat terjadinya transaksi antara
anggota dengan koperasinya.
2.
Manfaat Ekonomi Tidak Langsung
Manfaat
Ekonomi Tidak Langsung yaitu manfaat ekonomi yang diterima oleh anggota bukan
pada saat terjadinya transaksi, tetapi di peroleh kemudian setelah berakhirnya
suatu periode tertentu atau periode pelaporan keuangan/pertanggungjawaban pengurus
& pengawas, yakni penerimaan SHU anggota.
b. Efektivitas Koperasi
Dalam
kamus besar bahasa Indonesia, efektivitas berasal dari kata efektif yang berarti
mempunyai nilai efektif, pengaruh atau akibat, bisa diartikan sebagai kegiatan
yang bisa memberikan hasil yang memuaskan, dapat dikatakan juga bahwa
efektivitas merupakan keterkaitan antara tujuan dan hasil yang dinyatakan, dan
menunjukan derajat kesesuaian antara tujuan yang dinyatakan dengan hasil yang
dicapai.
Jadi
pengertian efektivitas adalah pengaruh yang ditimbulkan/disebabkan oleh adanya
suatu kegiatan tertentu untuk mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan yang
dicapai dalam setiap tindakan yang dilakukan.
Maka,
efektivitas koperasi dapat diartikan sebagai pencapaian target output yang di
ukur dengan cara membandingkan output anggaran atau seharusnya, dengan output
realisasi atau sesungguhnya, apabila Output Sesungguhnya lebih besar
dibandingkan Output Anggaran maka dapat disebut efektif.
c. Produktivitas
Koperasi
Menurut Melayu S.P. Hasibuan (1996:126) Produktivitas adalah
perbandingan antara output (hasil) dengan input (masukan).
Maka Pengertian produktivitas dalam koperasi dapat diartikan Produktivitas
adalah pencapaian target output atas input yang digunakan, jika Output lebih besar dari 1 maka dapat disebut produktif.
Rumus perhitungan Produktivitas
Perusahaan Koperasi :
PPK
= SHUk x
100 %
(1)
Modal koperasi
PPK = Laba
bersih dr usaha dgn non anggota x 100%
(2)
Modal koperasi
KET :
(1) Setiap
Rp.1,00 Modal koperasi menghasilkan SHU sebesar Rp…..
(2) Setiap
Rp.1,00 modal koperasi menghasilkan laba bersih dari usaha dengan non anggota
sebesar Rp….
PPK = Produktivitas Perusahaan Koperasi
SHUk = Sisa
Hasil Usaha Koperasi
d. Analisis
Laporan Keuangan
Analisa laporan keuangan
adalah suatu kegiatan penilaian,
penelahaan atas laporan keuangan perusahaan dengan mendasarkan kepada beberapa
metode dan teknik penganalisaannya sehingga mereka yang berkepentingan
terhadap perusahaan dapat melakukan evaluasi dan tindakan lebih lanjut pada
perusahaan tersebut.
II.
Peranan
Koperasi
-
Peranan
Koperasi dalam Berbagai Bentuk Pasar
Peranan Koperasi dalam
berbagai bentuk pasar dibagi berdasarkan sifat dan bentuknya, yaitu :
a.
Peranan
Koperasi dalam Pasar Persaingan Sempurna
Ciri-ciri :
-
Adanya
penjual dan pembeli yang sangat banyak.
-
Produk
yang dijual perusahaan adalah sejenis (homogen).
-
Perusahaan
bebas untuk mesuk dan keluar.
-
Para
pembeli dan penjual memiliki informasi yang sempurna.
b.
Peranan
Koperasi dalam Pasar Persaingan Tidak Sempurna, yaitu :
-
Oligopoli
Oligopoli adalah struktur pasar dimana hanya ada beberapa perusahaan (penjual)
yang menguasai pasar.
-
Monopoli dan Persaingan Monopsoni
c.
Peranan
Koperasi dalam Pasar Oligopoli
Dua strategi dasar untuk
Koperasi dalam pasar oligopoli yaitu strategi harga dan nonharga.
d.
Peranan Koperasi dalam Pasar Monopsoni
Ciri-ciri:
-
Banyak
pejual atau pengusaha dari suatu produk yang beragam.
-
Produk
yang dihasilkan tidak homogeny.
-
Ada
produk substitusinya.
-
Keluar
atau masuk ke industri relatif mudah.
-
Harga
produk tidak sama disemua pasar, tetapi berbeda-beda sesuai dengan keinginan
penjualnya.
Sumber
:
·
file.upi.edu/...Keuangan/Analisis_Laporan_Keuangan
·
widiyarsih.staff.gunadarma.ac.id-Ekonomi
Koperasi BAB 11 Peranan Koperasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar