Kamis, 19 April 2012

Alasan Perlunya Konvergensi ke IFRS


ALASAN PERLUNYA KONVERGENSI KE IFRS

Perkembangan atau revisi terhadap standar keuangan mutlak diperlukan karena semakin kompleksnya kegiatan praktik bisnis, standar keuangan harus bisa menanggapi setiap perubahan tersebut dengan melakukan pembaharuan terhadap standar yang sebelumnya sudah ada, untuk dapat menjamin tercapainya transparansi dan menggambarkan keadaan yang sebenarnya.
Indonesia mempunyai standar akuntansi sendiri yang berlaku di Indonesian itu sendiri. Yang biasa disebut dengan PSAK atau Pernyataan Standart Akuntans Keuangan. PSAK disusun oleh IAI yang merupakan Ikatan Akuntan Indonesia.
Pada revisi IAI th 1994 memutuskan untuk melakukan harmonisasi standar PSAK kepada International Financial Reporting Standard (IFRS). Selanjutnya harmonisasi tersebut diubah menjadi adopsi dan terakhir adopsi tersebut ditujukan dalam bentuk konvergensi terhadap International Financial Reporting Standard.
Skema menuju konvergensi penuh dengan IFRS pada tahun 2012 dapat dijabarkan sebagai berikut: 
      -       Pada akhir 2010 diharapkan seluruh IFRS sudah diadopsi dalam PSAK
-        Tahun 2011 merupakan tahun penyiapan seluruh infrastruktur     pendukung untuk implementasi PSAK yang sudah mengadopsi seluruh IFRS 
-        Tahun 2012 merupakan tahun implementasi dimana PSAK yang berbasis IFRS wajib diterapkan oleh perusahaan-perusahaan yang memiliki akuntabilitas publik.
Jadi kesimpulan dari alasan perlunya konvergensi ke IFRS, yaitu :
1)      Untuk mengurangi biaya modal (cost of capital),
2)      Untuk meningkatkan investasi global,
3)      Untuk mengurangi beban penysusunan laporan keuangan.
Sumber : http://www.iaiglobal.or.id/berita/detail.php?catid=&id=19

Tidak ada komentar:

Posting Komentar